Sekilas Tentang Busana Muslim AZKA

A. SEJARAH SINGKAT Busana Muslim AZKA

Diawali dengan gagasan untuk mengaplikasikan hoby men-design, maka mulai tahun 2001 mulai merintis usaha di bidang fashion dengan sistem butik, namun sampai dengan pertengahan tahun 2005, usaha dengan bentuk seperti ini kurang menunjukan perkembangan yang memuaskan, karena terbatasnya omzet.

AZKA mulai menunjukkan perkembangan yang cukup baik setelah melakukan perubahan, yaitu mengkombinasikan sistem butik dan konfeksi, serta proses aplikasi dengan sulam tangan (hand made). Hal ini diawali dengan pembuatan busana muslim pria (koko), sehingga sejak saat itu dideklarasikan nama ”AZKA Koko Sulam Etnik”. Dengan sistem ini dapat menghasilkan produk massal tapi berkualitas butik dan unik. Sejalan dengan perkembangannya produk yang dihasilkan AZKA lebih beragam, selain koko kini telah diproduksi gamis, blus, sarimbit ayah bunda dan anak. Sehingga kini AZKA lebih cocok dengan penamaan AZKA Busana Sulam Etnik.

B. PROSES PRODUKSI

Dalam menentukan proses produksi, AZKA Koko Sulam Etnik berupaya menggabungkan beberapa gagasan sebagai berikut :

- Membuat produk busana muslim dengan model unik, inovatif dan berkualitas.
- Memperdayakan masyarakat sekitar yang sebelumnya tidak produktif menjadi produktif
- Membangun sentra produk sulam di Ciomas Bogor dan sekitarnya
- Meningkatkan kesejahteraan bersama antara owner (pemilik usaha), pekerja, ummat sekitar dan mitra bisnis.

Untuk mengakomodasi gagasan-gagasan tersebut, maka diputuskan pembuatan motif diproses dengan sulam tangan (hand made).

Industri dengan proses hand made (sulam tangan) berbeda dengan proses yang menggunakan mesin bordir atau komputer. Industri dengan hand made tidak mudah dijiplak, karena untuk membangun komunitas tukang sulam butuh waktu yang cukup lama, dengan penuh kesabaran dan pengorbanan.

Dimulai dari dua orang tukang sulam pada pertengahan tahun 2005, alhamdulillah kini AZKA sudah melibatkan sekitar 250 orang tukang sulam. Insya Alloh ke depan AZKA bertekad akan terus-menerus menambah karyawan dan tukang sulam, sehingga suatu saat terbentuk sentra produk sulam terbesar tingkat nasional maupun internasional, untuk itu kami mohon dukungan dan doa dari semua pihak.

Dengan menerapkan ISO 9001:2000 dan meraih sertifikat tersebut pada tanggal 9 Maret 2007 dari Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu KAN (Komite Akreditasi Nasional) No. LSSM-018-IDN dan BQSS (Batan Quality System Services) No. BQSS-08-2007, maka AZKA dipacu untuk konsisten menjalankan sistem manajemen mutu tersebut secara berkelanjutan. Dengan menerapkan ISO 9001:2000 kualitas AZKA insya Alloh terjamin, karena AZKA diwajibkan menjalankan fungsi QC (Quality Control) mulai pembelian bahan baku sampai menjadi barang jadi.

C. KARAKTERISTIK PRODUK

  • AZKA Koko Sulam Etnik adalah perusahaan yang memproduksi busana pria (koko), wanita muslim (Blus), dan stelan anak. Pada season tertentu AZKA memproduksi gamis wanita dan stelan wanita.
  • Keunikkan busana AZKA adalah sulam tangan sebagai aplikasi dalam seluruh busananya, dengan corak-corak sulam yang mengarah etnik, unik, simpel dan manis.
  • Selain itu AZKA berupaya mengkreasikan busana yang sepasang dan serasi (sarimbit), contoh sarimbit koko dan blus dewasa (ayah-bunda), sarimbit blus dewasa dan blus anak (ibu-anak), dan pada saat mendekati hari idul fitri Azka berupaya mengkreasikan sarimbit keluarga yakni terdiri dari koko dewasa (ayah), blus dewasa (bunda), koko anak dan blus anak. Di samping itu tentunya busana-busana muslim indipenden pun tersedia (koko, blus).
  • AZKA selalu berupaya menkreasikan busana berkualitas, unik, inovatif dan harga terjangkau yakni dengan cara :

  1. Pergantian model setiap triwulan, yakni setiap tiga bulan sekali model akan berubah (ganti katalog), namun agar timbul inovasi AZKA sekali-kali akan meluncurkan model dalam jumlah terbatas (limitted edition). Dalam 1 katalog (per triwulan) terdiri dari seri sarimbit ayah-bunda, seri sarimbit ibu-anak, seri koko dan seri blus.
  2. Model yang diciptakan merupakan model original, inovatif dan trendy. Walaupun busana muslim namun Azka mengupayakan agar model yang dihasilkan fleksibel, serasi di berbagai suasana, artinya busana ini tidak selalu menjadi busana beribadah, namun bisa digunakan acara-acara lain seperti kerja, resepsi, arisan, pengajian, rekreasi dan acara kasual lainnya.
  3. Dengan menerapkan ISO 9001:2000 (No. Reg. BQSS-08-2007) kualitas dan kuantitas produksi AZKA terjamin, karena kami berlakukan sistem Quality Control yang ketat mulai dari pembelian bahan sampai menjadi produk jadi, sehingga insya Alloh produk cacat karena luntur, susut, bolong, benang terlepas dan lain-lain insya Allah tidak akan kita dapatkan di pasaran.
  4. Azka berupaya menetapkan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sistem pemasaran produk AZKA adalah dengan direct selling, dengan sistem ini memungkinkan Tim Pemasaran (Agen Manager, Agen dan Sub Agen) lebih aktif memasarkan produk dengan mendatangi konsumen secara langsung, sehingga dapat menangkap informasi mengenai respon dan masukan konsumen terhadap produk AZKA.

Direct Selling merupakah solusi yang tepat untuk menghadapi pasar pada musim sepi, sehingga akan tercipta kestabilan penjualan produk sepanjang tahun. Selain itu dengan sistem pemasaran ini diharapkan akan menciptakan pelanggan yang loyal dengan produk AZKA, karena selain keunggulan produk AZKA (model unik, kualitas, harga), juga dengan personal touch diharapkan akan terwujud ikatan bathin antara konsumen dengan Tim Pemasaran dan AZKA.

Tulisan : Diambil dari Azka Pusat (Bogor)

About This Blog

SMS / Telephone
+6221 0815 86038678
+6221 950 90969

Fax
+6221 8291725

Email
cs_butikshaakira@yahoo.com

Working Hour
Mon - Fri: 8am - 5pm
Sat : 8am - 1pm

- Harga katalog Busana Muslim MANET edisi V 2009 Rp. 9.000,-/Pc (tidak termasuk ongkos kirim)
- Harga katalog Busana Muslim AZKA Kuartal II 2009 Rp. 9.000,-/Pc (tidak termasuk ongkos kirim)


  © Blogger template 'Soft' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP